• Masuk Kota Mekah, Jamaah Haji Mulai Tawaf Qudum

  • Masyarakat.net
  • Masuk Kota Mekah, Jamaah Haji Mulai Tawaf Qudum

    Foto: INT/Serambi Indonesia

    Makkah, MASYARAKAT.NET- Gelombang pertama jamaah haji 2021 sudah masuk ke Kota Suci Makkah dan sudah mulai melakukan rangkaian kegiatan ibadah. Pada Sabtu 17 Juli, para jamaah sudah memasuki Masjidil Haram untuk melakukan Thawaf Qudum yakni ibadah mengelilingi Ka’bah yang dilakukan saat seseorang memasuki Kota Makkah.

    Pihak otoritas Masjidil Haram telah mempersiapkan pelayanan maksimal bagi para jamaah khususnya terkait pencegahan penularan Covid-19. Direktur Jamaah Masjidil Haram Eng. Osama bin Mansour Al-Hujaili mengatakan bahwa pihaknya terus merampungkan semua persiapan untuk menerima jamaah yang akan melaksanakan Thawaf Qudum.

    “Berbagai sudut lokasi di Masjidil Haram yang mengakomodasi 11 ribu jamaah sudah disiapkan untuk menangani saat jamaah masuk melakukan thawaf,” katanya dilansir dari Saudi Press Agency, Sabtu 17 Juli. Ia juga menyebutkan lebih dari 500 petugas sudah dikerahkan dan bekerja menyambut kedatangan jamaah sejak pagi hari dari tiga titik kedatangan. Untuk memastikan tidak terjadi penumpukan jamaah dan menerapkan jaga jarak, pintu Al-Marwah difungsikan khusus untuk jalur keluar setelah jamaah menyelesaikan thawaf.

    Sementara berdasarkan keterangan Konsul Haji, KJRI Jeddah Endang Jumali, sampai saat ini sudah terdata 300 lebih Warga Negara Indonesia yang beruntung menjadi jamaah haji tahun ini. Mereka akan bersama-sama dengan 60.000 jamaah yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi untuk berhaji di masa pandemi kali keduanya. WNI yang berhaji tahun ini terdiri atas unsur diplomat (KBRI dan KJRI), Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi.

    Di antara jamaah Indonesia yang sudah masuk Kota Makkah adalah Niam Almuzakki. Ia merupakan Wakil Bendahara Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) yang tinggal di Arab Saudi. Berdasarkan keterangan yang di terima NU Online, saat ini Niam sudah bergabung dengan pihak travel setempat menuju Makkah dan menjalankan Thawaf Qudum. Untuk sampai Makkah, ia menempuh perjalanan darat dari Kota Riyadh selama belasan jam.


  • Baca Juga :


  • Beberapa foto suasana saat ia berada di bus selama perjalanan serta saat berada di hotel dibagikannya. Nampak protokol kesehatan Covid-19 terus dilakukannya saat menjalankan ibadah Rukun Islam ke-5 ini. (arus)

     

    Sumber: nu.or.id





  • Update Info Covid 19 Nasional dan Internasional Disini:

  • Tag :

  • Komentar :

  • Share :



Baca Lainnya




Haji 2021, Muncul Fenomena Hadirnya Polisi Wanita

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0

Ibadah Haji 1442H/2021M, Tak Ada Kasus Inveksi Covid-19

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0