• DKI Peringkat A Akuntabilitas, Mileanies : Fakta Sukses Anies di Semua Bidang

  • Burhanuddin Marbas
  • DKI Peringkat A Akuntabilitas, Mileanies : Fakta Sukses Anies di Semua Bidang

    Muh Ramli Rahim (MRR)

    Sekali lagi, publik harus mengakui kemampuan Anies Rasyid Baswedan memimpin DKI Jakarta. 

    Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima predikat A dengan nilai 80,10 dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2021. 

    SAKIP merupakan integrasi yang terdiri dari perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

    “Ini adalah pertama kali dalam sejarah DKI Jakarta mendapat predikat A sejak SAKIP diberikan pada 2010. Nilai dan predikat yang berhasil diraih Pemprov DKI Jakarta terus bergerak, pada waktu itu angkanya 51,36 sekarang nilainya di atas 80 dan mendapat predikat A,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangannya, Selasa (5/4/2022).


    Anies membeberkan beberapa perbaikan yang dilakukan pemerintah Provinsi DKI Jakarta terdiri dari; Memperbaiki penjabaran dan penerjemahan Indikator Kinerja dari level Kepala Daerah sampai dengan level Pengawas dan Subkoordinator, Implementasi secara penuh performance based salary (tunjangan yang diperoleh berdasarkan performa dan capaian target), Penggunaan Teknologi Informasi untuk perencanaan, penganggaran dan pelaporan, Mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil (outcome).

    Anies menerangkan, target yang dipahami dan terukur tersebut dikaitkan dengan tunjangan kinerja daerah (TKD). Jadi pemberian tunjangan kinerja mencerminkan pencapaian kinerja atas target. Dengan begitu tunjangan kinerja yang diterima dari masyarakat dalam bentuk TKD adalah sesuai dengan apa yang dikerjakan untuk masyarakat lewat pelaksanaan program.


  • Baca Juga :

  • Kemudian, Anies juga menjelaskan adanya terobosan berupa unsur kolaborasi yang dimasukan dalam ukuran capaian kinerja. Sehingga, seluruh komponen dapat terlibat dalam pembangunan yang ada di Jakarta.

    Selain SAKIP, Indeks Reformasi Birokrasi Pemprov DKI Jakarta juga terus mengalami kenaikan. Dimulai tahun 2017 dengan nilai 63,75; meningkat pada 2018 dengan nilai 70,92; kemudian 2019 dengan nilai 74,57; tahun 2020 dengan nilai 76,54 dan tahun 2021 mendapat predikat BB (sangat baik) dengan nilai 78,88.

    Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies Pusat, Muhammad Ramli Rahim sangat bersyukur atas pencapaian tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Anies Baswedan bukan hanya sukses membangun infrastruktur dengan menghadirkan hal-hal spektakuler seperti JIS, Transportasi terintegrasi, Taman Ismail Marzuki yang semakin baik, Formula E dan banyak lagi yang lain namun juga sukses membangun mentalitas birokrasi sehingga mampu menjadikan DKI Jakarta memiliki akuntabilitas yang sangat baik dan mendapat ganjaran nilai A

    Ini adalah fakta bahwa Anies sukses membangun DKI Jakarta di segala bidang, sukses ini tak boleh hanya dinikmati oleh warga DKI tapi harus bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia dan itulah alasan utama Mileanies di 34 Provinsi di Indonesia berjuang menjadikan Anies Rasyid Baswedan Presiden Indonesia 2024 nantinya

    5 April 2022
    Muhammad Ramli Rahim
    Ketua Umum Pimpinan Pusat Jaringan Nasional Mileanies





  • Update Info Covid 19 Nasional dan Internasional Disini:

  • Tag :

  • Komentar :

  • Share :



Baca Lainnya



Panggil Anies, KPK Jadi Alat Oligarki?

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0

Ketum FK-UMKM Pimpin Relawan Anies Di Kalimantan

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0