• Membiasakan Jujur dan Keutamaannya dalam Islam

  • Masyarakat.net
  • Membiasakan Jujur dan Keutamaannya dalam Islam

    Foto: INT/radiomuslimJogja

    Jakarta, MASYARAKAT.NET-  Akhlak Islam berupa nilai dan sifat kebaikan yang dimiliki oleh seorang muslim dan menghindari sifat-sifat buruk seperti ghibah, suka mencela, suka pamer serta berkhianat. Kedudukan akhlak dalam Islam juga disebutkan dalam ayat-ayat Al-qur'an dan juga hadits.

    Dikutip dari detik.com, seorang muslim selain perlu berakhlak mulia juga kita harus bersikap jujur.

    Berikut beberapa keuntungan ketika kita berakhlak baik dan bersikap jujur yang dilansir dalam buku "Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 1" oleh Syaikh Mahmud Al-Mishri:
    1. Mendapatkan Surga

    Surga menjadi jaminan bagi siapa saja yang memiliki akhlak baik dan selalu bersikap jujur. Dalam sebuah hadits tentang kejujuran, "Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan pada kebajikan dan kebajikan adalah jalan menuju serga." Surga merupakan komoditas Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah bahwa barang dagangan Allah sangatlah berharga dan ketahuilah ia adalah surga-Nya." Diriwayatkan oleh Al Bukhari (6168) dan Muslim (2641).

    2. Dikumpulkan dengan Golongan Orang Jujur di Hari Kiamat

    Jika kita senantiasa berakhlak baik dan jujur tentu Allah akan mengumpulkan kita dengan orang-orang baik. Allah SWT berfirman:

    مِّنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا۟ مَا عَٰهَدُوا۟ ٱللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُم مَّن قَضَىٰ نَحْبَهُۥ وَمِنْهُم مَّن يَنتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا۟ تَبْدِيلًا

    Artinya: "Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya)." (QS Al-Ahzab: 23).

    3. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Jiwa


  • Baca Juga :

  • Kejujuran akan membuahkan ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Rasulullah SAW bersabda, "Tinggalkanlah apa yang membuatmu ragu, menuju sesuatu yang tidak membuatmu ragu. Sesungguhnya kejujuran adalah ketenangan, sedangkan kebohongan adalah kegelisahan." (At-Tirmidzi (2518)).

    4. Mendapatkan Ridha Allah SWT

    Allah SWT berfirman:

    قَالَ اللَّهُ هَٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصَّادِقِينَ صِدْقُهُمْ ۚ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

    Artinya: ""Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar". (QS: Al Maidah 119).

    Dari hadits tentang akhlak dan kejujuran tentu kita dapat memetik hikmah agar senantiasa dapat menjalankan segala sesuatu sesuai dengan perintah Allah SWT. (Arus)

     

    Artikel ini sudah tayang di detik.com pada Jumat, 21 Agustus 2020 06:45 WIB dengan judul: Hadits tentang Akhlak dan Kejujuran serta Keutamaannya.





  • Update Info Covid 19 Nasional dan Internasional Disini:

  • Tag :

  • Komentar :

  • Share :



Baca Lainnya




MUI Dorong Undang-Undang Anti-Islamofobia

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0






DPR RI Minta Pemerintah Turunkan Biaya Haji Tahun Ini

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0

Membakar Kitab Suci: Kebebasan atau Pelecehan?

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0