• Rachmat Sasmito: Pemuda Tani Harus Jadi Katalisator Pertanian di Daerah

  • Kasman McTutu
  • Rachmat Sasmito: Pemuda Tani Harus Jadi Katalisator Pertanian di Daerah

    Barru, MASYARAKAT.NET - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Tani HKTI Prov. Sulsel, Rachmat Sasmito, S.T., M.Si. meminta agar kader-kader Pemuda Tani menjadi katalisator bagi kemajuan sektor pertanian di daerah. 

    Hal tersebut disampaikan Kak Mito, sapaan akrabnya, saat memberi sambutan seusai melantik DPC Pemuda Tani HKTI Kab. Barru Masa Khidmat 2021-2026 di Baruga Singkeru Adae, Ahad (13.03.2022) siang. 

    "Pemuda Tani harus jadi katalisator, menjembatani transformasi sektor pertanian dengan menyambungkan petani-petani kita di pelosok dengan akses permodalan, akses pasar, serta distribusi sarana dan prasarana produksi pertanian." Ungkap Kak Mito. 

    Selain itu, menurutnya, Pemuda Tani juga harus berani menjadi pelaku pertanian. "Pemuda harus turun berani kembali turun ke sawah, turun ke empang, turun ke kandang, dan juga turun ke pasar." 

    Pemuda Tani HKTI sudah merintis percontohan usaha tani terintegrasi atau integrated farming. Bukan sekadar menanam lalu memasarkan hasil panen, melainkan diolah untuk menunjang pengembangan komoditas lain. 

    "Melalui Koperasi Agro Muda Mandiri, saat ini kami memulai dari menanam jagung, tapi bukan jual jagung. Jagung kita olah dan dimanfaatkan sebagai penunjang pengembangan komoditas lain, seperti udang vaname, atau ayam. Nah, udang dan ayam inilah yang dijual." Terang Kak Mito. 


  • Baca Juga :

  • Sementara itu, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si. dalam sambutannya menyambut baik kehadiran Pemuda Tani HKTI di Kabupaten Barru, "Pemerintah Daerah dan Pemuda Tani HKTI punya tujuan yang sama, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat." Ujar Suardi. 

    Suardi menerangkan bahwa salah satu program prioritasnya adalah modernisasi pertanian. Artinya, bagaimana lahan pertanian bisa diptimalkan melalui modernisasi alat dan mesin pertanian (alsintan) sehingga memberi nilai tambah bagi hasil pertanian. 

    "Kehadiran Pemuda Tani HKTI di Barru membuat pencapaian program prioritas modernisasi pertanian menjadi lebih ringan." Ujar Suardi di hadapan Kaharuddin Palemmai (Ketua), Nurfajri Rahim (Sekretaris), dan Ary Saputra Yunus (Bendahara) yang baru saja dilantik. 

    Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Asisten II Setda Barru, Kadis Pertanian Barru, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Barru, Kadis Ketahanan Pangan Barru, Kadis Perdagangan dan Koperasi Barru, rombongan DPD Pemuda Tani HKTI Sulsel, serta perwakilan berbagai OKP seKabupaten Barru.





  • Update Info Covid 19 Nasional dan Internasional Disini:

  • Tag :

  • Komentar :

  • Share :



Baca Lainnya






Mengapa Kenaikan Harga Bersubsidi harus Ditolak?

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0




Dampingi Jk, Gubernur Sulsel Apresasi PSBM ke XXII

favorite_border 0
chat_bubble_outline 0